Kamis, 19 April 2012

Tawakkal Sejak Awal


Sahabat-sahabatku, salam kenal semuanya. Ini postingan pertama di blog ini, semoga bermanfaat :-)
Dalam berusaha,seharusnya tawakkal(berserah diri sepenuhnya kepada Allah) itu sudah ada sejak awal. Dan tetap terus menerus tawakkal hingga akhir tujuan. Tawakkal adalah amalan hati, jika sejak awal hati kita sudah berserah diri kepada Allah, maka hati kita menjadi tenang, tidak ada kekhawatiran. Jika hati tenang, pikiranpun juga tenang. Sehingga jika pikiran kita tenang(tidak terlalu galau), maka pikiran itu bisa kita fokuskan untuk menghasilkan ide-ide yang terbaik dalam merencanakan usaha. Seterusnya dari ide-ide yang baik kita realisasikan dengan tindakan dalam setiap usaha yang kita lakukan.
Sebaliknya, jika tawakkal itu tidak ada sejak awal bisa jadi hati akhirnya berbalut kekhawatiran, selanjutnya jika kekhawatiran itu merambat dan menyelimuti pikiran kita, itu akan memecahkan konsentrasi kita. Sehingga kita tidak bisa fokus dalam menghasilkan ide ide brilian. Hal itu juga berdampak pada tindakan-tindakan kita, misalkan kita jadi bingung sendiri apa yang harus di lakukan?dikarenakan tidak terhasilkan ide-ide bagus karena kita berlarut-larut dalam kegalauan dan hal ini berdampak pada yang lain juga misalnya : banyak hal yang seharusnya kita lakukan jadi tertunda.
Kalaupun kita berfikir tentang apa yang akan kita hasilkan nantinya, itu bukan untuk menjadikan kita terlarut dalam kekhawatiran, tetapi untuk tujuan lain. Misalnya, untuk mempridiksi, seberapa kira-kira hasil yang akan kita peroleh, sehingga dengan memprediksi, kita bisa menentukan tindakan-tindakan yang tepat dalam usaha kita.

Jadi, hati kita tawakkal kepada Allah, sehingga pikiran tenang dengan begitu pikiran(akal) bisa fokus untuk menghasilkan ide-ide yang brilian selanjutnya kita realisasikan ide-ide itu dengan (usaha)tindakan nyata dan tetap hasilnya kita serahkan sepenuhnya kepada Sang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar