Sabtu, 21 April 2012

Muhasabah


Dalam perjalanan hidup dari awal hingga sekarang dan seterusnya, kita tentunya mempunyai tujuan. Dalam mencapai tujuan tentunya kita punya rencana, apa apa saja program kerja yang mengarahkan tercapai tujuan itu dan strategi apa yang bisa kita lakukan untuk sampai pada visi kita itu. Selanjutnya dari rencana itu kita realisasikan dengan pelaksanaan(tindakan). Dari tindakan yang kita lakukan, perlu adanya evaluasi(muhasabah).

Kita evaluasi,apakah kita selama ini sudah mengaktualisasikan rencana kita dengan tindakan nyata, apakah tindakan-tindakan kita selama ini sudah mengarahkan kita pada tujuan, tindakan mana yang perlu diperbaiki, tindakan mana yang perlu dihilangkan. Selanjutnya dari hasil evaluasi itu kita terapkan dalam kerja nyata. Dan terus menerus kita lakukan evalausi.

Dari apa yang terjadi pada diri kita pun, banyak pelajaran yang bisa kita petik, untuk selanjutnya kita evaluasi. Baik itu kejadian yang menyedihkan, menyenangkan, mengharukan dan kejadian kejadian yang lain. Rasanya rugi kalau kita tidak mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pada diri kita. Lebih rugi lagi, jika dari apa yang telah terjadi pada diri kita membuat kita berlarut-larut dalam penyesalan dan kesedihan yang tak berkesudahan.

Dari kesalahan yang kita lakukan dan akibat yang ditimbulkan, kita harusnya belajar kedepannya lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam kesalahan yang sama. Dari kejadian menyedihkan yang menimpa kita, kita belajar untuk sabar dan ikhlas sehingga kedepannya kita bisa lebih sabar dan ikhlas dalam menyikapi kesedihan yang menimpa kita. Dari tindakan-tindakan kita yang baik dan terlihat dampak-dampak positifnya. Maka lanjutkan!!! Dan terus tingkatkan. Dan seterusnya.

Maka, jadikan evaluasi sebagaia salah satu sarana agar kedepannya kita lebih baik,lebih baik dan lebik baik lagi

2 komentar: